7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Peran Akuntansi dalam Bisnis yang Wajib Diketahui

Peran Akuntansi dalam Bisnis yang Wajib Diketahui

Bagi anda yang merupakan pelaku usaha, maka mempelajari akuntansi serta salah satu cakupan ilmunya yakni akuntansi keperilakuan tentu adalah hal yang penting. Pasalnya akuntansi di sini mempunyai peranan yang besar, lebih dari sekadar melihat pendapatan dan pengeluaran perusahaan. Berikut beberapa peran akuntansi dalam dunia bisnis.

Peran Akuntansi dalam Bisnis

1. Memantau Pertumbuhan Bisnis

Akuntansi di dalam bisnis bisa dijadikan sebagai alat untuk memantau pertumbuhan usaha. Pasalnya dengan adanya sistem akuntansi yang baik, maka pelaku usaha dapat dengan mudah mengetahui jumlah saldo, pendapatan yang dimiliki perusahaan, liabilitas, hingga total aset keseluruhan yang dimiliki.

Sehingga dengan berbekal informasi tersebut, pemilik usaha dapat menyimpulkan apakah target penjualan sudah terpenuhi atau tidak, strategi pemasaran berfungsi atau tidak, dan apakah piutang serta kewajiban hutang yang dimiliki oleh perusahaan sudah dipenuhi atau belum. Jadi kedepannya kontrol terhadap bisnis bisa lebih mudah dilakukan.

2. Membantu dalam Mengambil Keputusan

Akuntansi keperilakuan bisa terlihat dengan jelas penerapannya dalam dunia bisnis. Pasalnya adanya informasi yang jelas terkait laporan keuangan dapat membantu para stakeholders atau para pemegang saham untuk mengambil sebuah keputusan. Pengambilan keputusan ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha.

Menjalankan bisnis tentunya memang membutuhkan data yang akurat mengenai aset, posisi kas pada bisnis, kewajiban, dan laba. Dimana semua ini membutuhkan peran akuntansi dalam menghadirkan informasi keuangan bisnis yang aktual. Sehingga bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, bahkan bermanfaat untuk evaluasi serta analisis kemajuan bisnis.

3. Alat Pengendali Keuangan

Peran akuntansi lainnya di dalam bisnis yaitu sebagai alat pengendali keuangan. Dimana pengendalian keuangan merupakan hal yang amat penting dalam bisnis. Tanpa adanya pengendalian yang memadai, maka keuangan yang merupakan napas usaha akan tidak terkontrol dan bisa mengakibatkan operasional usaha macet atau lebih parah harus gulung tikar.

Namun dengan adanya sistem informasi akuntansi, maka akan memudahkan setiap pelaku usaha untuk mengetahui semua data yang berhubungan dengan keuangan. Sehingga keluar masuknya uang dalam perusahaan bisa dipantau dengan baik, jadi berbagai risiko kerugian juga bisa dihindari dan diminimalisir.

4. Berhubungan dengan Pihak Ketiga

Akuntansi yang dilakukan perusahaan tidak selalu berhubungan dengan pihak internal saja, namun berkaitan pula dengan pihak luar seperti para pemegang saham atau stakeholder. Maka dari itu, seorang akuntan mempunyai peranan penting yaitu sebagai jembatan antara pihak internal perusahaan dengan para pemegang saham tersebut saat pengambilan keputusan hendak dilakukan.

Nantinya pengambilan keputusan akan mengacu pada data keuangan perusahaan, yang dibuat oleh seorang akuntan untuk memutuskan suatu kebijakan. Gambaran akuntansi keperilakuan dapat pula anda saksikan pada proses pengambilan keputusan tersebut. Bahkan dengan data akuntansi ini, akuntan bisa menjembatani perusahaan dengan pemerintah negara terkait pajak.

Agar penerapan akuntansi di perusahaan berjalan efektif dan mendapat hasil akurat, maka penggunaan software akuntansi sangat direkomendasikan. Accounting software Indonesia bahkan mampu mengurangi risiko human error, dan berbagai manfaat lainnya bisa anda temukan di web official Soltius Indonesia.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar