7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Kenali 4 Fitur Pada Mixer Audio Agar Lebih Lihai Mengoperasikannya

Mixer audio memegang peranan penting bagi kelangsungan proses menghasilkan musik yang sedap didengarkan di telinga. Berkat alat ini, Anda bisa menggabungkan beberapa suara menjadi satu maupun dua output suara. Tentu saja pekerjaan tersebut semakin mudah dilakukan berkat kelengkapan fiturnya. Apa saja fitur pada jual audio mixer ? Berikut ulasannya.

Fitur Canggih Pada Audio Mixer

Fitur Canggih Pada Audio Mixer

1. Equalizer

Fitur equalizer berfungsi sebagai pengatur tone (karakter suara). Dengan kata lain, fitur ini dapat diandalkan ketika ingin memodifikasi suara yang akan masuk pada channel. Umumnya para seniman musik menggunakannya untuk mengatasi masalah pada frekuensi yang dihasilkan oleh mixer, seperti muncul suara dengung atau feedback. 

Uniknya fitur ini juga bisa diandalkan untuk membentuk karakter suara seseorang agar sedikit berbeda dari suara aslinya. Cukup mengatur Low dan Hi serta mengurangi atau menambahkan boost dengan komposisi tepat, dijamin suara yang dihasilkan terdengar lebih merdu sesuai keinginan dan nyaman didengarkan.

2. Gain

Gain atau dikenal dengan Trim adalah salah satu fitur yang memegang peranan penting dalam keberhasilan mixing suara menjadi satu kesatuan. Fitur yang terletak di bagian paling atas ini, berfungsi sebagai alat yang menentukan besar kecilnya tingkat sensitif input yang hendak diterima oleh mixer audio sebelum tersalurkan pada perangkat lainnya. 

Dengan kata lain, fitur ini membantu mencari signal, level signal, hingga membantu mencari headroom agar menghasilkan audio yang mantap. Memiliki beberapa peran sekaligus, inilah mengapa Anda bisa menemukan level meter yang terdiri dari berbagai warna berbeda. Setiap produk mixer memiliki pengaturan level meter berbeda, sehingga penting membaca buku manualnya. 

Level gain yang baik berada di titik berwarna kuning. Jika level gain masih berwarna hijau, hal ini menandakan bahwa Anda harus mengaturnya kembali agar penggunaanya lebih maksimal. Dalam kasus tersebut, Anda hanya perlu membesarkan gain hingga berubah warna menjadi kuning. Jangan atur gain terlalu tinggi karena kondisi ini justru membuat suara pecah. 

3. +48v Phantom Power

+48v atau dikenal dengan Phantom Power merupakan sebuah tombol yang memiliki fungsi sebagai penambah daya listrik mencapai 48 volt. Umumnya fitur ini akan digunakan ketika hendak menambahkan peralatan lain yang membutuhkan daya listrik tambahan seperti mic condensor. Tentu saja peralatan elektronik dapat bekerja optimal ketika mendapatkan sumber daya yang tercukupi. 

4. PAD

PAD merupakan salah satu fitur andalan mixer audio yang berfungsi mengurangi gain pada input -20db hingga -30db. Hanya saja dibutuhkan ketelitian ekstra ketika menggunakannya, agar audio yang dihasilkan terdengar merdu sesuai keinginan. Jika tidak sengaja melakukan kesalahan, kemungkinan sinyal berubah sangat kecil sebab adanya pengurangan.

Mencari mixer terbaik untuk menghasilkan audio berkualitas ? Tampaknya Anda bisa memesannya di Goshen Swara Indonesia. Hanya menawarkan produk berkualitas yang sudah terjamin ketangguhannya, sehingga pekerjaan membuat musik terasa lebih menyenangkan. Temukan produk mixer yang diinginkan dan dapatkan keuntungannya.

Related Posts
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar